Tak Hanya Modal Cinta dan Uang, Syarat Nikah Sekarang Juga Harus Diperiksa BNN Terkait Positif Narkoba Atau Tidak, Alat Tesnya Beli Sendiri Periksanya Gratis

  • Whatsapp

Halo sobat BMI dimanapun berada, semoga kalian sehat selalu dan diberi kekuatan untuk menyelesaikan tugas penting yaitu berjuang diluar negeri demi masa depan yang lebih baik dan sukses.

Kali ini, pembahasannya adalah aturan baru dari pemerintah Indonesia dimana pasangan yang akan menikah harus melakukan tes anti Narkoba di BNN (Badan Narkotika Nasional). Ini adalah salah satu syarat selain syarat harus mendapatkan sertifikat pra nikah.

Bacaan Lainnya

Syarat ini menurut mereka yang duduk diatas, bukan untuk mempersulit namun katanya untuk menciptakan generasi anti narkoba dimasa mendatang. Persyaratan pernikahan harus melampirkan surat bebas narkoba sudah mulai berlaku pada 2020 ini.

“Generasi milenial sehat tanpa narkoba ini lahirnya dari pasangan suami istri yang sehat, nah awalnya ini kan dari pernikahan. Jadi sebelumnya harus kami tes narkoba dulu,” ungkap Brigjen Pol Bambang Priyambadha, Kepala BNNP Jatim.

Dikatakan kepala BNNP Jatim bintang satu itu, bahwa pihaknya sudah MoU dengan Kemenag Kanwil Jatim sejak Agustus 2019 dan penerapan lampiran surat bebas narkoba untuk syarat nikah dimulai Januari 2020 ini.

Lanjut Brigjen Pol Bambang Priyambadha, persyaratan seperti ini bukan dimaksudkan untuk mempersulit atau penentu seseorang bisa menikah atau tidak. Karenanya, ia berharap masyarakat tidak perlu resah dengan hal ini.

“BNN sifatnya pelayanan, jadi untuk urusan teknis pernikahan itu di Kemenag. Kami hanya melayani tes urine untuk syarat pernikahan,” katanya.

Disinggung masalah biaya, Brigjen Pol Bambang Priyambadha mengatakan bahwa calon pasutri bisa membeli alat untuk tes urine yang dikenal ‘Drug Abuse Test’ sendiri di apotek terdekat. “Untuk BNN pelayanan gratis, tapi alatnya beli dulu di apotik. Kalau harga kisaran Rp 100 ribuan,” pungkasnya.



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *