Pulang Dari Taiwan Dalam Kondisi Sakit Jantung dan Gagal Ginjal, Minta Bantuan BP2MI Tak Ada Respon

  • Whatsapp

Taiwan Maret 2021, Dalam kepulangan hari ini ada salah seorang TKW Taiwan yang alami sakit jantung dan gagal ginjal dan diharuskan cuci darah, kakinya sudah membengkak dan ia memilih pulang karena kondisinya tidak memungkinkan untuk di Taiwan.

Suini, TKW asal Majalengka ini dipulangkan dalam penerbangan yang dipandu oleh Mbok Cikrak dan juga mendapat donasi dari teman teman yang pulang hari ini.

Bacaan Lainnya
=== Banner iklan disini

Menurut penuturan tim advokasi BMI di Jakarta, Suini sebelumnya berharap mendapat bantuan dari BP2MI dan mendapat jemputan sebagaimana TKW TKI lainnya sehingga bisa pulang tanpa karantina, namun saat menghubungi pihak BP2MI ia tak direspon.

“Pulang dan dibandara minta bantuan BP2MI bagian pemulangan tidak di angkat – angkat, di telpon sama kakak suini” Kata CM, tim Advokasi BMI.

Akhirnya CM meminta bantuan pihak bandara agar Suini dapat pulang tanpa melalui karantina dan langsung bisa berobat di rumah sakit yang dekat dari rumahnya.

Suini sendiri bekerja di Taiwan sejak tahun 2007 silam dan bertahan hingga kepulangan kemarin dalam satu majikan di kawasan Chiayi County Taiwan.

Janda anak 1 ini pertama kali bekerja di Taiwan menjaga nenek atau ama hingga meninggal, sepeninggal ama, ia beralih menjaga akong hingga meninggal.

Setelah keduanya meninggal, iapun dipindah majikan, namun baru 1 bulan dimajikan baru, nenek yang ia jaga juga meninggal dunia.

Akhirnya, Suini kembali ke majikan lamanya karena dipanggil untuk menjaga menantu akongnya yang menderita stroke.

Satu bulan yang lalu ia merasakan sakit dalam dirinya, ia mengadu ke majikan dan oleh majikan ia dibawa kerumah sakit untuk periksa.

Ia sempat dirawat dirumah sakit selama 4 hari dan badannya semakin lemas. Kondisinya yang semakin memburuk, lantas Suini meminta pulang ke Indonesia.

Beruntung, walaupun tak dapat bantuan dari BP2MI, ia mendapat bantuan dan ijin dari petugas bandara untuk pulang langsung. Beruntung juga, sang kakak sigap menjemputnya di bandara.

Kini Suini sudah berada di kampung halamannya, pulang dengan kakaknya yang menjemput tadi siang dan rencananya akan berobat dirumah sakit terdekat.

Suini adalah TKW resmi, ia sempat memperpanjang kontrak tanpa pulang di Taiwan, dan ia juga tercatat sebagai anggota BPJS TKI secara resmi.



banner 400x100