Mulai Normal, Taiwan Bolehkan Pekerja Pabrik maupun PRT Pindah Majikan Mulai 2 Juli Kemarin, Tanpa Biaya Test Ini Itu, Berikut Syaratnya

  • Whatsapp

SUARABMI – Kabar gembira buat para pekerja migran Indonesia yang ada di Taiwan dimana mulai kemarin 2 Juli 2021, proses perpindahan majikan sudah normal kembali, baik formal maupun informal sudah diijinkan.

Hal ini sebagaimana diumumkan oleh WDA Taiwan (Badan Pengembangan Tenaga Kerja), perpindahan majikan disektor informal sudah seperti biasanya dan sektor formal dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Bacaan Lainnya
=== Banner iklan disini

Adapun pekerja sektor formal yang diperbolehkan pindah majikan adalah seperti sektor manufaktur, konstruksi, perikanan laut, pertanian, kehutanan, peternakan dan perikanan darat dan lainnya.

Adapun syarat pindah majikan harus memenuhi salah satu unsur dari 3 hal berikut ini, kalau tidak ada alasan dibawah ini, tetap saja tidak diijinkan.

Pertama, pasien yang dirawat meninggal dunia, khusus informal, Kedua, Majikan bangkrut atau pabriknya ditutup, khusus formal dan Ketiga, pekerja migran menjadi korban kekerasan s*ksual atau perdagangan manusia.

Lalu ada syarat lagi dari majikan dimana majikan wajib melakukan test PCR kepada calon pekerjanya dengan biaya sepenuhnya dari majikan baru. Hal ini boleh dibantu oleh agensi.

Apabila hasil tes PCR positif, maka majikan mengatur prosedur perawatan medis atau perawatan isolasi, yang sesuai dengan kebijakan dinas kesehatan.

Sedangkan jika hasil PCR negatif, harus terus memantau perkembangan kesehatan dan mendata rekam jejaknya. Sementara untuk biaya pemeriksaan PCR Ditanggung oleh majikan baru.



banner 400x100