Jawa Timur Siapkan Ratusan Miliar Rupiah Untuk Layani Kepulangan TKI Selama Proses Pulang Selama Pandemi Masih Tinggi Ini

  • Whatsapp

SUARABMI.COM – Pemerintah Jawa Timur mengatakan telah menyiapkan anggaran dana yang cukup besar untuk sejumlah kegiatan yang tak terduga menyikapi penyebaran pandemi ini, walaupun anggaran ini besar namun tidak masuk dalam program kerja pemprove jatim tahunan.

“Ada hal-hal yang mungkin tidak terpikirkan,” kata Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak dalam diskusi virtual Smart FM, Sabtu, 24 Juli 2021.

Bacaan Lainnya
=== Banner iklan disini

Adapun kegiatan yang menghabiskan anggaran cukup besar di luar program kerja Pemprov Jatim, yaitu karantina pekerja migran Indonesia (PMI) di Kabupaten Bangkalan. Anggaran yang dihabiskan mencapai ratusan miliar.

“Untuk proses (karantina) itu saja di Bangkalan kami (Pemprov Jatim) menghabiskan Rp250-an miliar,” kata dia.

Politikus Partai Demokrat itu menyebut proses karantina itu harus dilakukan. Pemprov Jatim ingin memastikan para pahlawan devisa negara tersebut dalam kondisi aman saat kembali ke keluarga.

“Untuk mencegah penyebaran varian-varian (covid-19) impor menyebar,” kata dia.

Selain karantina TKI, program lain yang cukup menyedot anggaran, yaitu rumah sakit lapangan. Pemprov membangun empat rumah sakit lapangan Kota Surabaya, Malang, Madiun, dan Kabupaten Jember.

Dia menjelaskan operasional rumah sakit lapangan tersebut tak sedikit. Untuk biaya konsumsi tiga rumah sakit lapangan mencapai Rp59 miliar. “Jadi memang ini adalah (kebutuhan) anggaran yang sangat signifikan,” ujar dia.