Jangan Mau Jika Ditawari Dollar AS di Taiwan, Pemilik Kuil di Taoyuan ini Menyebarkan Uang Dollar AS Palsu Menyasar Para Pekerja Migran Asing

  • Whatsapp

Kasus penipuan dan penjualan dollar palsu di Taiwan terungkap oleh Biro Kriminal Taiwan dimana seorang pemilik Istana dan Kuil Xie yang berusia 68 tahun menjadi tersangka dalam hal ini.

Pria tersebut menyembunyikan ribuan lembar uang dollar palsu didalam kuil dan membelanjakannya kepada para pedagang dan juga pekerja migran tanpa disadari oleh mereka.

Kasus ini terungkap saat anak dari pemilik kuil tersebut mencuri beberapa lembar uang dollar yang disembunyikan Xie dan menukarkannya di Bank Taiwan.

Bacaan Lainnya

Pihak bank yang menemukan kejanggalan atas uang tersebut, lantas melaporkannya ke Polisi dan Polisi melakukan penyelidikan.

Pada bulan November 2019 kemarin, Kepolisian berhasil menggeledah sebuah kuil di Taoyuan yang dicurigai dan menangkap pemiliknya bermarga Xie yang diduga menjual dollar palsu dan Polisi berhasil mengamankan pecahan dollar senilai $120.000 berupa uang kertas palsu didalam kuil.

Sebelumnya pada bulan September 2019 silam, seorang pria bermarga Chen juga memperoleh pecahan dollar sejumlah $1000 namun saat ia tukarkan ke Bank asing di Luzhu, uang tersebut adalah palsu.

Setelah diselidiki, uang tersebut bersumber dari Xie Xing. Uang kertas palsu nominal $100 tersebut diperoleh dari temannya dimana ia membeli dengan harga NT$400 dan dijual dengan harga NT$2500.

Dollar – dollar ini banyak yang djiual kepada pekerja migran asing dimana mereka mudah dikelabuhi dan mendapat keuntungan besar tanpa mereka curiga kalau uang tersebut uang palsu.

Menurut kepolisian, selama tahun 2019 lebih dari NT$330 juta uang palsu berupa pecahan dollar AS beredar di Taiwan.

Uang ini bersumber dari sebuah pabrik cetak uang palsu di Tiongkok milik seorang pria berusia 64 tahun bernama Liao.

Teknologi cetak, versi lama uang kertas dolar AS dicetak sendiri karena kualitas cetak kelompoknya sangat bagus, itu juga dapat melewati pendeteksian detektor uang kertas kecil, sehingga sulit untuk membedakan kepalsuannya.

Polisi juga mencurigai bahwa tersangka kasus uang dollar palsu, Xie berkaitan erat dengan Liao. Mereka dicurigai berkomplot dalam menyebarkan uang kertas palsu ini.

Saat ini, kepolisian sedang mendalami kasus aliran uang kertas dollar palsu ini untuk menangkap semua pelakunya.

Buat BMi Taiwan jika ditawari dollar AS dengan harga murah, waspadalah karena uang palsu ini sangat rapi dan sulti dibedakan. (mirrormedia)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *