Indonesia Kembali Menunda Pertemuan Dengan Taiwan Bahas Zero Cost, Seharusnya Tanggal 29 Nanti Pertemuannya, Makin Suram Aja Nih Nasib Calon TKI Taiwan

  • Whatsapp

Kepala bagian administrasi Kementerian Tenaga Kerja Taiwan, Wang An-Pang hari ini (25/3) mengatakan bahwa pemerintah Indonesia kembali menunda pertemuan virtual yang akan membahas kebijakan zero cost.

Wang An-Pang mengatakan, pertemuan virtual tersebut rencananya akan diselenggarakan besok tanggal 29 Maret.

Bacaan Lainnya

=== Banner iklan disini

Namun, lanjut Wang An-Pang, hari ini perwakilan Taiwan di Indonesia memberikan laporan bahwa pertemuan itu dibatalkan dan ditunda kembali.

Adapun mengenai kapan pertemuan mendatang dilaksanakan lagi akan diberitahukan menyusul secara terpisah.

Pembatalan kali ini merupakan pembatalan yang kedua kalinya, sebelumnya Indonesia juga pernah melakukan pembatalan yaitu pada 14 Januari lalu.

Sebagaimana diketahui, pada bulan Juli tahun 2020 lalu kepala BP2MI secara sepihak mengumumkan adanya peraturan tentang biaya penempatan PMI akan dibebankan kepada majikan atau kebijakan zero cost.

Menurut BP2MI kebijakan tersebut rencananya akan berlaku awal Januari 2021, akan tetapi banyak majikan di Taiwan yang menentangnya.

Kemudian kedua belah pihak melakukan pertemuan perdana secara virtual pada bulan Desember lalu.

Namun, dalam pertemuan pertama tersebut tidak menghasilkan kesepakatan dan rencanya akan diadakan pertemuan kedua kalinya pada 14 Januari.

Sehari sebelum pertemuan berlangsung BP2MI membatalkannya dengan alasan belum persiapan belum selesai.

Akan tetapi, pada 16 Januari BP2MI mengumumkan bahwa pelaksanaan kebijakan zero cost ditunda hingga pertengahan Juli tahun ini.



Pos terkait