Di Tulungagung dan Sekitar Persediaan Masker Langka Karena Diborong Para TKI Untuk Dikirim ke Hongkong, Taiwan dan Singapura, Harganya Juga Naik Hingga 100% Lebih

  • Whatsapp

Penjualan masker di sejumlah apotek di Tulungagung dan kota sekitarnya yang menjadi basis para TKI melonjak tajam.

Saat ini stok masker di apotik tinggal sedikit bahkan banyak apotek yang kehabisan stok karena banyak dibeli masyarakat yang merupakan keluarga para TKI baik TKI Taiwan, Hongkong maupun Singapura dan negara lainnya.

Para pembeli memborong masker tersebut untuk dikirimkan ke kerabatnya, yang bekerja sebagai TKI dinegara – negara terjangkit seperti Hongkong, Taiwan dan Singapura.

Bacaan Lainnya

Tri Ulfa, salah seorang apoteker mengatakan pada Selasa (4/2/2020) bahwa masker diborong telah terjadi sejak dua minggu lalu. Dua jenis masker yakni biasa dan jenis N95 saat ini stok nya sudah menipis bahkan banyak yang habis. Menurutnya, para pembeli tidak hanya membeli eceran. Mereka memborong 8 hingga 10 dos.

Sejak 2 minggu yang lalu ketersediaan masker di beberapa apotek sudah diborong dan habis terjual dan harga masker yang naik berkali lipat lebih dari 100 persen. Harga per box masker saat ini bisa sampai Rp 90 ribu per boks untuk merk yang sama. Padahal normalnya hanya Rp 30 ribu.

Sementara itu, pemerintah Taiwan juga memperlunak aturan dimana mereka para pekerja migran diperbolehkan mendatangkan masker dari negara mereka karena di Taiwan persediaan masker sangat menipis.



Pos terkait