Bekerja Diluar Job Selama 4 Tahun, Setelah Lapor 1955 Untuk Pindah Majikan, TKW Ini Malah Dibayar Pakai Koin 1 NT Sejumlah 8.938 NT dan Suruh Hitung Sendiri

  • Whatsapp

Taiwan, Seorang pekerja migran di Taiwan berhasil mendapatkan gajinya setelah NGO turun tangan dan membantunya mediasi dengan majikan karena kasus kerja di luar job.

Sebut saja S, job sebenarnya adalah menjaga nenek, namun ia dipekerjakan di rumah makan milik majikannya dari pagi jam 7 hingga jam 1:30 siang.

Bacaan Lainnya

=== Banner iklan disini

Sepulangnya dari rumah makan S harus menyiapkan semua keperluan makanan untuk dijual besoknya.

Bukan hanya itu saja, selain pekerjaan di atas S juga harus mengerjakan pekerjaan rumah lainnya dan membuat S merasa kecapekan.

Lama-lama S tidak kuat dan melapor ke ejen untuk minta pindah majikan. Namun permintaannya tidak diindahkan oleh agensi, akhirnya ia bertahan hingga empat tahun.

Karena sudah tidak tahan lagi, ia mengatakan keinginannya untuk pindah kerja langsung ke majikannya secara baik-baik dan minta supaya majikan mengizinkannya pindah.

Tanpa disangka majikan S tidak setuju bahkan justru mengancamnya, selain tidak akan memberikan gaji, S harus membayar uang denda pemutusan kontrak sebesar NTD 40.000.

Akhirnya S melaporkan ke 1955 dan NGO. Kemudian NGO melaporkan kasus tersebut ke depnaker Taoyuan.

Dari hasil mediasi, majikan menyetujui S pindah dan akan membayar gajinya setelah tandatangan pemutusan kontrak.

Majikan S mengeluarkan dua kantong besar dan ditaruh di atas meja, setelah dibuka ternyata di dalamnya uang recehan 1 NT. Kemudian majikan menyuruh S untuk menghitung sendiri gajinya sebanyak NTD 8.938.

Perilaku majikan tersebut membuat semua petugas yang ada di sana tercengang dan merasa malu di depan S. Mereka belum pernah menemukan majikan seperti ini sebelumya.

Selain terbukti sudah melanggar aturan Ketenagakerjaan di Taiwan, majikan tidak memberi kompensasi kepada S sebagai upah lembur selama ia bekerja, dia juga tidak meminta maaf kepada S, bahkan mempermalukan S di depan banyak orang untuk menghitung koin 1 NT an satu meja penuh sebanyak 8.939 kali atau senilai NTD 8.938.



Pos terkait