Baru Sebulan 3 TKI Taiwan Dipulangkan Agensi Dengan Alasan Tak Bisa Kerja, Dijanjikan Akan Diberangkatkan Lagi Tapi Faktanya?

  • Whatsapp

Sebutlah namanya Saifullah, salah satu TKI Taiwan asal Indramayu yang baru saja 1 bulan bekerja sudah dipulangkan oleh agensi. Ia tak sendirian melainkan bersama dengan rekannya.

Alasan agensi memulangkan 3 TKI yang bekerja di pabrik bakso kawasan Yunlin ini adalah karena mereka dianggap tidak bisa bekerja seperti TKI lama ditempat itu dan mereka dijanjikan akan diberangkatkan lagi oleh PTnya.

Bacaan Lainnya

Namun nasi sudah menjadi bubur, Saifullah dan kedua rekannya sudah di Indonesia. Ia sudah menandatangani surat perpulangan dan kini menunggu janji agensi yang tak kunjung terealisasi.

Janji akan diberangkatkan lagi namun menunggu sudah 4 bulan lebih tak ada kabar dari PT maupun agensinya.

TKI yang pernah bekerja di pabrik bakso kawasan Yunlin inipun pasrah dengan nasib pasalnya hingga saat ini tidak ada kejelasan sedang biaya proses ke Taiwan sudah habis puluhan juta rupiah.

Nah berkaca dari kasus Saifullah dan kedua rekannya ini, kita harus sering berbagai informasi penting agar tidak ada korban keegoisan majikan dan agensi lagi.

Sebenarnya semua TKI ketika tiba di Taiwan diberikan satu buku penting dimana didalamnya sudah ada banyak keterangan dan nomor telpon, jika kita tahu itu akan sangat membantu kita.

Jika ada hal seperti ini sebaiknya kita tidak menandatangani surat apapun dan segera mengadu ke 1955, gratis dan ada bahasa Indonesianya.

Jika kita terlanjur menandatangani, maka sudah hampir dipastikan 100% pulang Indonesia dan hanya hitungan jari bisa diselamatkan dan bekerja lagi di Taiwan.

Janji agensi seperti ini tidak ada yang benar alias 100% bohong karena jikapun benar maka harus membayar biaya proses lagi yang jumlahnya akan sama dengan proses pertama.

So, sebarkan informasi seperti ini kepada mereka yang baru terjun di dunia TKI biar tidak ada korban – korban berikutnya.



Pos terkait