Marak Postingan Ajakan Peroleh Uang Tak Wajar, Menyasar Grup Grup Facebook TKI, Waspada Jadi Korban Penipuan

  • Whatsapp

Waspada, Saat ini, modus penipuan yang dilakukan pelaku kejahatan semakin beragam. Mereka sering memanfaatkan media sosial untuk menjalankan aksinya mencari korban.

Di media sosial. mereka sering memakai modus menawarkan kepada masyarakat untuk mendapatkan uang secara instan dengan cara yang tak masuk logika. Misalnya pesugihan hingga penarikan uang gaib.

Read More

Hal itu antara lain banyak yang terposting di sebuah grup Facebook yang isinya “peluang usaha tki/tkw hongkong taiwan abu dabhi malaysia s.pura dll”.

Dalam grup tersebut, terdapat akun-akun uang memposting hal yang senada dan berkaitan dengan pesugihan gaib. Bahkan, postingan tersebut juga jelas menuliskam kontak yang bisa dihubungi.

Di sana mereka menawarkan untuk masyarakat yang mempunyai utang maupun permasalahan ekonomi untuk bisa dipecahkan serta diberi jalan keluar. Namun, masyarakat diharuskan menghubungi nomor yang mengaku sebagai kiai ataupun paranormal.

Terkait hal tersebut, Kasat Reskrim Polresta Malang Kota AKP Azi Pratas Guspitu menghimbau agar masyarakat berhati-hati. Sebab, hal tersebut bisa saja justru menjerumuskan masyarakat menjadi korban penipuan.

“Masyarakat harus hati-hati. Jangan mudah tergiur dengan ajakan yang janggal. Ini antisipasi agar tidak menjadi korban kejahatan,” ucap dia.

Bilamana menjadi korban kejahatan, masyarakat diharapkan segera melapor agar kasusnya bisa segera ditangani petugas dan bisa segera diungkap.

“Kalau memang menjadi korban kejahatan, segera lapor. Tapi kami imbau sekali lagi masyarakat harus waspada dan berhati-hati. Jangan mudah tergiur iming-iming atau ajakan tersebut,” pungkasnya

Salah satu contoh postingan

sumber: timesindonesia

Related posts